Kolaborasi Dosen Umsida dan IPM Candi: Pengembangan Vertikultur sebagai Solusi Pertanian Berkelanjutan

Fst.umsida.ac.id – Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan kegiatan penyuluhan “Pengembangan Budidaya Vertikultur” yang bertempat di Markas Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Candi, Kegiatan ini dilaksanakan di desa Candi pada, Jumat (21/06/2024).

Program ini diketuai oleh Bapak M Abror SP MM, Selaku Ketua Program Studi Agroteknologi Umsida, dan didukung oleh beberapa dosen Umsida yaitu Bapak Ir A Miftakhurrohmat MP, dan Ibu Ade Eviyanti SKom MKom. Kegiatan ini diikuti oleh 25 anggota IPM se-Kecamatan Candi, dipimpin oleh M. Amin, mahasiswa aktif Agroteknologi Umsida yang juga berperan sebagai Asisten Laboratorium Agroteknologi.

Baca Juga: Pojok Statistik Umsida Dapat Apresiasi dari BPS RI dalam Kunjungan Evaluasi

Budidaya Vertikultur: Solusi untuk Pertanian di Lahan Terbatas

Budidaya vertikultur, sebuah metode pertanian yang mengoptimalkan ruang dengan menanam secara vertikal, diperkenalkan sebagai solusi inovatif dalam memanfaatkan lahan sempit dan meningkatkan produktivitas tanaman. Dalam sambutannya, M Abror SP MM menyampaikan pentingnya penerapan teknologi pertanian modern di kalangan generasi muda. “Melalui program ini, kami berharap para pelajar dapat memahami dan mengaplikasikan teknologi pertanian terkini yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ir A Miftakhurrohmat MP dalam sesi penyuluhan, menjelaskan teknik-teknik dasar budidaya vertikultur dan keuntungan yang dapat diperoleh dari metode ini, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Sementara itu, Ade Eviyanti SKom MKom, memaparkan tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kegiatan pertanian, seperti pencatatan hasil panen dan pemantauan kondisi tanaman melalui aplikasi digital.

Kolaborasi Mahasiswa IPM dan Dosen Umsida untuk Pemberdayaan Pertanian

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga praktik langsung di lapangan. Para peserta diajak untuk mencoba menanam menggunakan sistem vertikultur yang telah disiapkan oleh tim pengabdi. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat memahami secara langsung proses dan manfaat dari metode tersebut.

Harapan dan Tujuan Program ini

Diharapkan para pelajar IPM dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang pertanian, khususnya budidaya vertikultur, yang dapat diterapkan di lingkungan rumah masing-masing. Melalui program ini, diharapkan muncul semangat pemberdayaan di kalangan pelajar untuk mengembangkan pertanian modern yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Dengan mempelajari teknik budidaya vertikultur, para pelajar diharapkan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan mereka dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk menciptakan peluang usaha baru di bidang pertanian.Program ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi pengangguran melalui pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian.

Baca Juga: Workshop MATLAB Teknik Elektro: Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pengolahan Data dan Simulasi

Dengan terlaksananya program ini, diharapkan muncul generasi muda yang lebih peduli dan aktif dalam mengembangkan teknologi pertanian yang berkelanjutan serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berkomitmen untuk terus mendukung program-program pengabdian yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Penulis: Alfianita Febri R. J. S.P

Penyunting: Ifa

Bertita Terkini

Fortawa 2024: Memperkuat Sinergi antara Universitas, Mahasiswa, dan Wali Mahasiswa di Umsida
October 5, 2024By
Strategi Kuliah Sukses Menurut Dosen Industri Sekaligus Warek 1
October 4, 2024By
Inovasi Mesin Pemotong Keripik Lolos KMI Expo XV 2024, Siap Terbang ke Sulawesi
September 26, 2024By
Tim Abdimas Umsida Gelar Penyuluhan Kesadaran Pangan Aman Ditingkatkan
September 25, 2024By
Tim Abdimas Umsida Adakan Pelatihan Guru IGABA Buat Video dan Poster Edukasi
September 24, 2024By
Inovasi dan Sejarah Panjang FST Umsida Sambut Mahasiswa Baru
September 23, 2024By
Tradisi Baru FST Umsida Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat Kebersamaan Closing Ceremonial
September 20, 2024By
Mahasiswa Baru 2024 Semangat untuk Berinovasi
September 19, 2024By

Prestasi

Jenggolo Team UMSIDA: Perjalanan Penuh Semangat dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi
March 6, 2024By
IMEI Creativity: Melaju Gemilang di Sirkuit Ancol, Namun Drama Kegagalan Mewarnai Perjalanan Menuju Puncak!
March 6, 2024By
Persembahan Gemilang: Tim IMEI Umsida Memborong Prestasi di Kompetisi Mobil Listrik Internasional Shell Eco Marathon 2023
March 5, 2024By
Prestasi Gemilang Tim Pencak Silat Umsida di Pomprov Jatim 2023: Raih Emas dan Perunggu, Masuk Posisi Ke-8 dari 108 Universitas
January 12, 2024By
Tim Punakawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Juara Kompetisi Nasional Robotik Antar-Universitas di UIN Sunan Gunung Djati
December 18, 2023By