“Informatics Festival (IFEST) 2024 Kembali Digelar oleh Program Studi Informatika untuk Kedua Kalinya”

fst.umsida.ac.id – Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menggelar ajang bergengsi, Informatics Festival (IFEST) 2024 dengan tema ”Mencetak Generasi Z Yang Unggul dan Inovatif” pada Sabtu, 02 Maret 2024 di Kampus 2 UMSIDA. Kompetisi yang telah menjadi agenda rutin setiap tahun ini berhasil menarik 18 tim dari berbagai sekolah di daerah Sidoarjo dan sekitarnya, meningkat beberapa tim dari tahun sebelumnya.
Dengan semangat yang membara, para peserta dari SMA/SMK memperlihatkan kreativitas mereka dalam bidang IT. Adapun kategori lomba yang diperlombakan yakni, Networking Administrator, UI/UX Design, dan Web Design. Kompetisi ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, tetapi juga menjadi wadah penting bagi siswa/siswi untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka dalam dunia IT.

Peserta yang berasal dari beragam latar belakang sekolah memperlihatkan keahlian mereka dalam berbagai bidang, mulai dari pemrograman, desain aplikasi, hingga networking. Mereka diberi kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka.
“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam Informatics Festival tahun ini. Kompetisi ini memberi saya kesempatan untuk belajar tentang dunia teknologi, kerjasama tim, dan juga bisa mengenal serta berkomunikasi dengan teman dari sekolah yang berbeda”. ujar salah satu peserta.
Tak lupa sebelum perlombaan dimulai, diselenggarakan sesi seminar games dengan tema “MT Educational Games for Children” bersama Ibu Cindy Taurusta, S.T., M.T. guna memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peserta tentang pentingnya pengembangan permainan pendidikan yang mendidik bagi anak-anak, serta untuk merelaksasi peserta sebelum memulai perlombaan.
Diharapkan, melalui kompetisi ini, bakat-bakat muda di bidang IT dapat terus dikembangkan dan menjadi bekal penting bagi masa depan mereka. Selain itu, keberadaan Informatics Festival diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh siswa SMA dan SMK di seluruh jawa timur untuk mencapai indonesia emas 2045 mendatang.

Penulis : Ananda Firly Amelia

Bertita Terkini

BEM-FST Mengupayakan Terbentuk Sikap Leadership dan Keterampilan Pada Mahasiswa dengan Adakan Kegiatan LKMM-TM
March 26, 2024By
Mencapai 2 Dekade : Orientasi Asisten Laboratorium Informatika Umsida Angkat Tema Kepemimpinan
February 15, 2024By
Prestasi Gemilang Tim Pencak Silat Umsida di Pomprov Jatim 2023: Raih Emas dan Perunggu, Masuk Posisi Ke-8 dari 108 Universitas
January 12, 2024By
BEM Gelar Pelantikan Akbar Himpunan Mahasiswa, Dr. Ir. Jamaaluddin, MM: Tonggak Baru Kolaborasi Mahasiswa dan Pimpinan
January 2, 2024By
Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan UMSIDA Sukses Gelar Food Bazar, Semua Makanan Ludes Terjual
December 18, 2023By
Fakultas Sains dan Teknologi Umsida Sukses Menyelesaikan Surveillance ISO
December 1, 2023By
Fakultas Sains dan Teknologi UMSIDA 271 Lulusan, Dekan Ingatkan Betapa Pentingnya Jaga Nama Baik Kampus
October 12, 2023By
Fakultas Sains dan Teknologi Umsida Kembali Raih Hibah WCP Tahun 2023
October 12, 2023By

Prestasi

Jenggolo Team UMSIDA: Perjalanan Penuh Semangat dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi
March 6, 2024By
IMEI Creativity: Melaju Gemilang di Sirkuit Ancol, Namun Drama Kegagalan Mewarnai Perjalanan Menuju Puncak!
March 6, 2024By
Persembahan Gemilang: Tim IMEI Umsida Memborong Prestasi di Kompetisi Mobil Listrik Internasional Shell Eco Marathon 2023
March 5, 2024By
Prestasi Gemilang Tim Pencak Silat Umsida di Pomprov Jatim 2023: Raih Emas dan Perunggu, Masuk Posisi Ke-8 dari 108 Universitas
January 12, 2024By
Tim Punakawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Juara Kompetisi Nasional Robotik Antar-Universitas di UIN Sunan Gunung Djati
December 18, 2023By