Kembangkan Pembelajaran Daring, FST Umsida Gelar Workshop Video Interaktif H5P dan Flipbook

Fst.umsida.ac.id – Salah satu Dosen Prodi S1 Elektro Dr. Izza Anshory ST MT, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FST Umsida) menyelenggarakan workshop tentang penerapan video interaktif H5P dan pembuatan flipbook untuk pengembangan pembelajaran daring. Kegiatan ini bertempat di Ruang Rapat FST Umsida pada Selasa (30/07/2024).

Diikuti Berbagai Dosen dari Perguruan Tinggi

Kegiatan ini diikuti oleh 25 dosen dari berbagai perguruan tinggi yang didanai oleh hibah Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Daring (P3D) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemendikbudRistek).

Workshop ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Suryawinata SPd MKom sebagai ahli Teknologi Informasi dan M Abror SP MM. Suryawinata sapanya, menjelaskan manfaat video interaktif H5P untuk meningkatkan interaksi mahasiswa melalui pertanyaan di tengah video. Ia juga memberikan demo langsung penggunaan fitur-fitur dan memberikan pemahaman kepada semua peserta terkait video interaktif H5P kedalam platfrom pembelajaran digital mereka. 

Sedangkan M Abror SP MM yang merupakan salah satu penerima hibah P3D pada tahun sebelumnya, juga menyampaikan berbagi pengetahuan tentang pembuatan flipbook sebagai bahan penunjang pembelajaran daring. “Flipbook ini dapat membantu mahasiswa mengenai penjelasan tambahan, memperkaya pengalaman pada belajar dan menjadikan pengalaman belajar mereka lebih menarik,” Ucap Abror.

Baca Juga : Dapat Hibah P3D, Dosen Umsida Buat E-Laerning Lebih Menarik

Dalam sambutan Dekan FST Umsida, Iswanto ST MMT menyatakan, “Kami sangat senang sekali atas terselenggaranya kegiatan workshop ini. Dengan workshop ini, kami berharap dapat lebih menginspirasi dan memotivasi para bapak ibu dosen untuk meningkatkan konten pembelajaran digital, baik melalui e-learning maupun melalui SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) KemendikbudRistek. Harapan kami, kedepan para bapak ibu dosen dapat lebih aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang disediakan bagi mahasiswa.”

Para peserta workshop yang terdiri dari dosen berbagai perguruan tinggi berdiskusi dengan antusias. Salah satu peserta dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan beberapa fakultas di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mereka sangat antusias dalam mengajukan beberapa pertanyaan dan berdiskusi tentang penerapan video interaktif H5P dan flipbook untuk pembelajaran mahasiswa.

Penyelenggara kegiatan Dr. Izza Anshory berharap workshop ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran daring melalui teknologi interaktif seperti H5P dan flipbook. “Dengan pemanfaatan teknologi seperti H5P dan flipbook, kita bisa meningkatkan kualitas pembelajaran digital dan membuatnya lebih menarik bagi mahasiswa,” ujarnya.

Penerapan video interaktif H5P dalam pembelajaran digital diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi mahasiswa dan dosen. Video H5P memungkinkan dosen untuk menyisipkan beragam pertanyaan dan uji kompetensi di tengah video pembelajaran, sehingga mahasiswa akan lebih terfokus dan termotivasi untuk mengikuti materi sambil secara bersamaan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Baca Juga : Dosen Umsida Raih Hibah P3D

Kegiatan ini dapat memoermudah Dosen dalam mengevaluasi dan mengetahui bagian mana yang perlu penjelasan lebih lanjut berkat fitur umpan balik yang tersedia. Dengan mengintegrasikan unsur interaksi ini, video pembelajaran dapat terasa lebih kontekstual dan menarik bagi mahasiswa sehingga dapat memodernkan dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran daring.Workshop ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada peserta.

Penulis : Ifa

Bertita Terkini

Meningkatkan Kerjasama Internasional: FST Umsida dan UTP Gelar Sharing Session Riset Energi Terbarukan
August 14, 2024By
Mengangkat UMKM Melalui Abdimas: Peran Dosen Umsida dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing
August 13, 2024By
Inovasi Pemanfaatan Big Data dalam Analisis Sentimen Media Sosial
August 12, 2024By
Himatika Gelar Acara Upgrading Tingkatkan Kesolidaritasan
August 9, 2024By
Kerjasama UMY dan UniMAP Strategis dalam Pendidikan Tinggi dan Sosialisasi Program S2 dan S3 Di Umsida
August 9, 2024By
Workshop NGULIK 3.1: Optimalisasi Pengelolaan Opini Publik dengan Analisis Sentimen
August 8, 2024By
5 Alasan Kenapa Harus Pilih Jurusan Informatika!
August 7, 2024By
Empower the Future: Suksesnya Upgrading Asisten Laboratorium Industri 2024
August 6, 2024By

Prestasi

Jenggolo Team UMSIDA: Perjalanan Penuh Semangat dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi
March 6, 2024By
IMEI Creativity: Melaju Gemilang di Sirkuit Ancol, Namun Drama Kegagalan Mewarnai Perjalanan Menuju Puncak!
March 6, 2024By
Persembahan Gemilang: Tim IMEI Umsida Memborong Prestasi di Kompetisi Mobil Listrik Internasional Shell Eco Marathon 2023
March 5, 2024By
Prestasi Gemilang Tim Pencak Silat Umsida di Pomprov Jatim 2023: Raih Emas dan Perunggu, Masuk Posisi Ke-8 dari 108 Universitas
January 12, 2024By
Tim Punakawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Juara Kompetisi Nasional Robotik Antar-Universitas di UIN Sunan Gunung Djati
December 18, 2023By