Workshop NGULIK 3.1: Optimalisasi Pengelolaan Opini Publik dengan Analisis Sentimen

Pojok Statistik Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan BPS Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Politeknik Statistika STIS mengadakan acara NGULIK 3.1 bertema “Mengelola Opini Publik dengan Analisis Sentimen”. Acara yang berlangsung di Lab Center Prodi Informatika, Laboratorium Game dan Multimedia Lt 2 pada (08/08/2024).

Acara ini menghadirkan dua narasumber mahasiswa dari Politeknik Statistika STIS, yaitu Sabilla Hamda Syahputri dan Rahadian Eka Bagus IR. Sabilla menekankan pentingnya workshop ini, “Berhubungan dengan topik kita yaitu terkait dengan mengelola opini publik dengan analisis sentimen, harapannya kita bisa mempraktekkan bagaimana cara melakukan web scraping dari teks digital yang merupakan salah satu bentuk implementasi data.”

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Pilih Jurusan Informatika!

Dalam sesi tersebut, Menjelaskan bahwa dengan semakin banyaknya pengguna media sosial, banyak pula opini masyarakat yang bertebaran mengenai isu-isu sosial, politik, pendidikan, budaya, dan lain-lain.

Opini-opini tersebut menjadi perhatian bagi para stakeholder, baik pemerintah maupun perusahaan swasta, untuk menentukan arah kebijakan yang akan diambil selanjutnya.

“Dari opini-opini tadi bagaimana kita menentukan kebijakan yang baik bagi para stakeholder yaitu dengan melakukan analisis sentimen. Dari opini-opini berbentuk teks digital yang mempunyai volume besar atau big data, kita bisa melakukan analisis sentimen yaitu pengklasifikasian teks menjadi sentimen positif, negatif, atau netral. Dari pengklasifikasian ini, stakeholder dapat menentukan kebijakan atau langkah selanjutnya di bidang bisnis,” tambah Sabilla.

Sabilla juga menambahkan pentingnya memahami konsep Big Data dalam analisis sentimen. Big Data umumnya memiliki tiga karakteristik utama yaitu volume (jumlah data yang sangat besar), velocity (kecepatan data yang tinggi), dan variety (variasi data yang beragam). Pemrosesan Big Data yang inovatif dan hemat biaya dapat meningkatkan wawasan dan pengambilan keputusan.

Big Data dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek seperti:

  • Menganalisis tingkat efektivitas iklan
  • Memperkuat sistem keamanan
  • Memperoleh insight mengenai profil konsumen dan target pasar
  • Menyusun strategi untuk memenangkan pertandingan olahraga (contoh: sabermetrics)
  • Memprediksi pergerakan tren pasar
  • Menemukan promo yang tepat untuk menyenangkan pelanggan

Rahadian Eka Bagus IR, narasumber lainnya, menambahkan bahwa pemanfaatan teknologi machine learning dalam analisis sentimen dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan cepat. “Dengan menggunakan algoritma machine learning, kita dapat melatih model untuk mengenali pola-pola dalam teks yang mengindikasikan sentimen tertentu. Ini sangat berguna untuk memproses data dalam jumlah besar secara efisien dan mendapatkan insight yang lebih mendalam dari opini publik,” ujar Rahadian.

Dalam acara ini, dijelaskan pula langkah-langkah melakukan analisis sentimen yang meliputi:

  1. Web Scraping: Mengambil data dari website melalui source code HTML, CSS, dan JavaScript atau menggunakan API yang disediakan.
  2. Data Preprocessing: Membersihkan dan mempersiapkan data untuk analisis.
  3. Labeling: Memberikan label pada data (positif, negatif, netral).
  4. Perhitungan Agreement: Mengukur kesesuaian antar label.
  5. Evaluasi Model: Menilai kinerja model analisis sentimen.

Acara yang dimoderatori oleh Arjuna, juga dari Agen Statistik, berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari peserta. Dengan output workshop yang diharapkan, para peserta dapat mempraktekkan cara melakukan web scraping dan analisis sentimen yang berguna bagi pengambilan keputusan di berbagai bidang.

 

Apakah Anda tertarik untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi serta analisis data? Jika iya, Program Studi Informatika di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) adalah tempat yang tepat untuk Anda. Dengan kurikulum yang berfokus pada pengembangan kemampuan analisis data, machine learning, dan pemrograman, Umsida mempersiapkan Anda untuk menjadi profesional yang siap bersaing di dunia digital.

Bergabunglah dengan kami di Umsida dan jadilah bagian dari revolusi digital. Daftar sekarang di Program Studi Informatika untuk membuka peluang karir yang luas di bidang teknologi informasi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi admisi.umsida.ac.id atau ikuti media sosial kami di @informatika.umsida.

 

Bertita Terkini

Meningkatkan Kerjasama Internasional: FST Umsida dan UTP Gelar Sharing Session Riset Energi Terbarukan
August 14, 2024By
Mengangkat UMKM Melalui Abdimas: Peran Dosen Umsida dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing
August 13, 2024By
Inovasi Pemanfaatan Big Data dalam Analisis Sentimen Media Sosial
August 12, 2024By
Himatika Gelar Acara Upgrading Tingkatkan Kesolidaritasan
August 9, 2024By
Kerjasama UMY dan UniMAP Strategis dalam Pendidikan Tinggi dan Sosialisasi Program S2 dan S3 Di Umsida
August 9, 2024By
5 Alasan Kenapa Harus Pilih Jurusan Informatika!
August 7, 2024By
Empower the Future: Suksesnya Upgrading Asisten Laboratorium Industri 2024
August 6, 2024By
Rekomendasi 7 Website Belajar Coding Gratis Bagi Pemula
August 5, 2024By

Prestasi

Jenggolo Team UMSIDA: Perjalanan Penuh Semangat dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi
March 6, 2024By
IMEI Creativity: Melaju Gemilang di Sirkuit Ancol, Namun Drama Kegagalan Mewarnai Perjalanan Menuju Puncak!
March 6, 2024By
Persembahan Gemilang: Tim IMEI Umsida Memborong Prestasi di Kompetisi Mobil Listrik Internasional Shell Eco Marathon 2023
March 5, 2024By
Prestasi Gemilang Tim Pencak Silat Umsida di Pomprov Jatim 2023: Raih Emas dan Perunggu, Masuk Posisi Ke-8 dari 108 Universitas
January 12, 2024By
Tim Punakawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Juara Kompetisi Nasional Robotik Antar-Universitas di UIN Sunan Gunung Djati
December 18, 2023By