Terjun ke Masyarakat, IMM Komisariat Pertanian Mengadakan ‘Abdi Masyarakat’ Guna Melatih Jiwa Sosial Kader

IMM Komisariat Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidoarjo kembali mengadakan abdi masyarakat di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Sawohan, Kabupaten Sidoarjo pada 24- 25 Juli 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Implementasi Trikoda agar Terbentuknya Kader Komperta yang Militan dan Berjiwa Sosial”.

Ketua umum IMM Komisariat Pertanian, immawan Bayu menyampaikan, “saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih telah diterima dengan baik dan ramah oleh warga Dusun Kepetingan, acara ini merupakan bentuk belajar para kader untuk mampu bersosialisasi dan bermanfaat untuk masyarakat khususnya di Sidoarjo.”

Bayu juga menyampaikan bahwa abdi masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian program Rencana Tindak Lanjut (RTL) kader pada bidang humanitas. Acara ini difokuskan pada 3 kegiatan utama, yaitu mengajar anak TPQ, memberikan kajian, serta edukasi pengolahan pangan.

Pelatih tim Pencak Silat, Arham Ihwaludin menerangkan bahwa banyak yang harus dipersiapkan untuk bertarung pada pagelaran Pomprov kali ini. Dirinya menerangkan bahwa resimen latihan rutin dijalankan 6 hari dalam satu pekan, ia pun menambahkan bahwa para atlet yang masuk dalam tim Pomprov sudah terlebih dahulu di seleksi dan di uji coba performanya dalam 2 perlombaan sebelumnya.

Warga sekitar menyambut baik kegiatan abdi masyarakat ini, dimana warga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pengolahan pangan yang tepat sehingga dapat dijadikan sebagai sebuah motivasi memulai sebuah bisnis untuk melatih kemandirian ekonomi pada warga Dusun Kepetingan. Selain itu guru-guru pengajar di TPQ juga dapat terbantu dengan adanya kegiatan abdi masyarakat.

Baik panitia maupun warga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan karena dapat membantu pemberdayaan masyarakat Dusun Kepetingan dengan adanya ilmu baru terkait pangan maupun pertanian untuk merubah pola pikir dan kebiasaan terkait pengolahan pangan dan tenaga pengajar yang tercukupi.

Related Posts