Mengenal Prodi Baru Teknik Sipil Saintek Umsida

Umsida.ac.id- Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah memiliki prodi baru, yakni Program Studi Teknik Sipil. Kamis, (21/10).

Secara umum gambaran dari Prodi Teknik Sipil merupakan bidang ilmu yang mencakup perihal perencanaan atau perancangan sebuah manufaktur dan beragam fasilitas guna mendukung sebuah perkembangan desa maupun kota.

“Jadi pada Teknik Sipil ini mencakup mempelajari pekerjaan umum seperti dalam pengerjaan sebuah jalan raya, dermaga, terowongan, kanal, bendungan, stasiun, terminal, dan masih banyak lagi yang bisa di kerjakan,” ungkap Fierza mahasiswa Teknik Sipil Umsida.

Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang unggul dan inovatif dalam pengembangan IPTEKS yang terintegrasi dengan Building Information Modeling (BIM) berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat, merupakan sebuah visi dari prodi Teknik Sipil dengan total  sebanyak 32 mahasiswa.

Prodi teknik sipil yang ada di Fakultas Saintek memiliiki 6 laboratorium guna untuk menudukuang proses belajar mahasiswa serta mengembangkan riset pada Teknik Sipil Umsida, antara lain: (1)Laboratorium beton dan bahan bangunan, (2)laboratorium struktur, (3)laboratorium mekanika tanah dan batuan, (4)laboratorium bahan jalan dan transportasi, (5)laboratorium rekayasa sumber daya air dan pantai, (6)laboratorium manajemen kontruksi.

Lulusan Teknik Sipil memliki peran penting dalam bidang pembangunan, mengingat jaman semakin berkembang dan perkembangan pembangunan infrastruktur yang pesat akan menyebabkan terbukanya peluang yang besar bagi Insinyur Teknik Sipil untuk berkontribusi didalamnya. Tak hanya itu lulusan Teknik Sipil dapat berkarier di berbagai lembaga Pemerintahan dan Kementrian seperti pada   Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Atau pada berbagai kementerian seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan lain sebagainya.

Penulis: Fitria Trisna Sisiliani

Related Posts

Leave a Reply