Seminar Nasional & Call For Paper Sains dan Teknologi UMSIDA 2021 (SENASAINS II)

Umsida.ac.id- Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dari Fakultas Sains dan Teknologi menyelenggarakan Seminar Nasional Dan Call For Paper Sains dan Teknologi (SENASAINS 2) yang mengusung tema Peran IT dan Industri dalam menghadapi Era Society 5.0 melalui virtual meeting dihadiri 230 peserta dan partisipan dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Aisiyah Yogyakarta, Institut Teknologi dan Bisinis Aisiyah Malang, dan Universitas  Ma’arif Hasyim Latif. Kamis (10/6).

Acara ini disambut langsung oleh ketua panitia Senasains II, Dr Syamsudduha Syahrorini ST MT yang menyampaikan seberapa pentingnya peran IT disegala aspek kehidupan untuk memudahkan pekerjaan manusia, ia juga menyampaikan ada 141 jumlah pemakalah dari dosen dan mahasiswa Umsida.

Dalam menghadapi perkembangan dan perubahan dijaman sekarang yang begitu cepat dan pesat sehingga untuk dapat memasuki era revolusi industri akan berlanjut ke arah society 5.0 yang tentunya dalam hal ini ditemukan banyak perubahan yang tidak bisa kita hindarkan yang akan dijelaskan tiga pemateri yaitu Dr Firman Arifin ST MT(Praktisi sekaligus dosen Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), I Nyoman Rai Pering ST MT (Direktur Utama Batam Aero Technik of Lion Group sekaligus Dosen Politeknik Negeri Batam), dan Dr Hari Susanto SH MH (Kepala Bappeda Sidoarjo).

Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi menyampaikan bahwa apa yang dibicarakan pada webinar ini tentang revolusi society 5.0 dapat menjadi perubahan tak terkecuali dalam lingkup kampus. Diakhir sambutannya, ia berharap semoga seminar nasional berjalan dengan lancar dan bisa bermanfaat.

Pada kesempatannya, Dr Firman Arifin ST MT  menjelaskan sebuah alasan dibuatnya Teknologi. “Teknologi merupakan ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Tak lupa juga peran IT membantu dengan perkembangan teknologi saat ini salah satunya Big Data,” ujarnya.

Peran industri sangat besar bagi perkembangan IT mulai dari sinergitas dengan SDM IT siap aksi maksudnya seperti bapak ibu dosen atau tenaga IT lainnya yang selalu siap mengembangkan teknologi, tidak hanya itu salah satu peran industri juga dari kebutuhan pasar maksudnya adalah aset industri berupa aset barang, aset uang, bagaimana agar kebutuhan pasar juga seimbang daripada SDM.

“Sidoarjo terpilih sebagai salah satu dari 25 kabupaten/kota yang siap untuk mengembangkan smart city ditahun 2017.Kota cerdas didefinisikan sebagai konsep pengembangan dan pengelolaaan kota dengan pemanfaatan Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada didalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanaan kepada warga serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.” Ujar Dr Hari Susanto SH MH

Di akhir seminar kali ini praktisi IT  berharap revolusi industri di Indonesia bisa terwujud. “Saya berharap di era society 5.0 ini SDM nya layak dan disisi industri juga harus mengikuti apalagi sudah lingkup nasional, semoga saja teknologi kita bisa terwujud menjadi lebih baik dan tidak kalah dengan negara lain,” tutupnya.

Related Posts

Penandatanganan MoU dan MoA

Umsida.ac.id – Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) Universitas Muhammadiyah...

Rektor Umsida Buka Acara Senasains III Pada Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Penguatan AgroIndustri.

Umsida.ac.id- Guna mendukung teknologi kecerdasan buatan agroindustri, Fakultas Sains dan...

Fakultas Sains dan Teknologi laksanakan ISO

Umsida.ac.id- Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Institutud of Global Communication...

Leave a Reply