Fakultas Sains dan Teknologi laksanakan ISO

Umsida.ac.id- Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Institutud of Global Communication (IGC), melakukan kepatuhan standar ISO (International Organization for Standardization) 21001:2018.Di auditor oleh Sholichin A Darmawan, M Ainun Najib, Sugeng Listyo, dan Yulius Untung. Audit dilakukan di rektorat lima fakultas di Umsida (FBHIS, FST, FPIP, FAI, dan FIKES). (21-22/10)

ISO 21001:2018 merupakan standart sistem manajemen internasional pertama didunia yang resmi dipublikasikan sejak Mei 2018 untuk organisasi pendidikan. Standart yang dimaksud adalah tentang panduan bagaimana lingkungan pendidikan memberikan kualitas dan layanan yang lebih baik, bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, pemenuhan kebutuhan, dan harapan dari pihak mahasiswa.

Fakultas Sains dan Teknologi Umsida laksanakan proses audit, yang dihadiri Dekan, wakil dekan, Kaprodi, Sekprodi, dan perwakilan dari BPM Umsida. Hal yang dipertanyakan mengenai ISO adalah yang berhubungan dengan sertifikasi akreditasi, pedoman akademik, laporan evaluasi diri masing masing prodi, rencan kegiatan dan anggaran (RKA), manajemen risiko, laboratorium, pembelajaran e-learning, Merdeka Belajar Kampus Meerdeka (MBKM), penelitian dan pengabdian masyarakat, mahasiswa asing, kesehatan keselamatan kerja (K3), dan pedoaman kampus dalam menangani mahasiswa berkebutuhan khusus.

Beberapa pernyataan pada akhir acara, disampaikan tidak ditemukannya major di Umsida, hanya ada beberapa temuan yang bersifat minor dan observasi nantinya akan mengarah pada perbaika. Sehingga dapat dikatakan Umsida sedang menunggu proses turunnya sertifikat ISO 21001:2018 dari Integrated Assessment Services (IAS) Amerika Serikat, yang berada di bawah naungan International Accreditation Forum (IAF).

penulis: Zhahlya Amaldha

Related Posts

Leave a Reply